Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Menelusuri Jejak IPKM di Bumi WAKATOBI

Admin Web Pusat3 Rabu, 18 Februari 2015 - 10:59:00 WIB. | 900

Pemanfaatan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dengan cara pemilihan dan penetapan indikator–indikator untuk penyempurnaan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2007/2008 telah dilakukan. Indikator yang terpilih dikelompokkan menjadi 7 yaitu kesehatan balita, kesehatan reproduksi, pelayanan kesehatan, perilaku, penyakit tidak menular, penyakit menular, dan kesehatan lingkungan. Nilai akhir IPKM ditetapkan berdasarkan nilai rata-ratanya selanjutnya diurutkan dari terendah sampai tertinggi untuk mendapatkan peringkat kabupaten/kota.

Berdasarkan perbandingan IPKM 2007 dan 2013 di Provinsi Sulawesi Tenggara, Kab. Wakatobi adalah daerah yang mengalami kenaikan peringkat yang cukup drastis dari peringkat ke 340 menjadi peringkat ke 18. Hasil kunjungan ke daerah tersebut dari tanggal 10-13 Februari 2015, membuat rasa ingin tahu kami semakin meningkat, ternyata daerah tersebut lebih mengutamakan cara pencegahan daripada proses pengobatan. Kepala Dinas Kesehatan setempat membuat program kerja sama dengan kepala desa di bidang kesehatan yang sangat menarik sehingga warga dengan senang hati mau ikut serta dalam program tersebut. Program yang dicanangkan yaitu:

1. Acara wisuda bagi balita yang lulus Imunisasi lengkap
2. Ibu yang mengantarkan anaknya ke posyandu mendapatkan kartu ucapan yang spesial
3. Pemberian dana Bantuan Operasional Kesehatan akan dialirkan apabila instansi setempat mampu memberikan laporan program kesehatan yang sesuai dengan kondisi warga setempat.
4. Motto 4 AS Kadinkes yang dilaksanakan oleh semua cabang instansi dibawahnya, yaitu Kerja Keras, Kerja Ikhlas, Kerja Cerdas dan Kerja Tuntas
5. Banyak tenaga kesehatan sukarela di setiap Puskesmas yang banyak membantu proses Promkes menggunakan bahasa daerah sehingga bisa dengan mudah dimengerti oleh warga setempat

Untuk informasi selengkapnya akan dipaparkan di buku Kualitatif IPKM di Kabupaten Wakatobi