Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Pengumpulan data Kegiatan Penelitian Dampak Perubahan Iklim di Kota Bandar Lampung

Admin Web Pusat3 Senin, 01 Juni 2015 - 15:42:48 WIB. | 1338

Pada tanggal 25 mei sampai dengan tanggal 31 Mei 2015 telah diadakan kegiatan pengumpulan data yang pertama dari penelitian Penilaian Kerentanan Dan Adaptasi Dampak Kesehatan Perubahan Iklim di Provinsi lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan perubahan iklim serta kriteria yang berperngaruh pada tingkat kerentanan masyarakat, indikator dan faktor-faktor kerentanan dampak perubahan iklim, tingkat keterpaparan,sensitivitas, dan kapasitas adaptasi masyarakat terhadap dampak kesehatan akibat terjadinya perubahan iklim serta diperolehnya software penilaian tingkat kerentanan dampak kesehatan akibat perubahan iklim.

Koordinasi dilakukan dengan dinas kesehatan propinsi dan kota/kab ,Bapeda,Badan Lingkungan Hidup Daerah, Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), puskesmas dan Kelurahan yang wilayahnya menjadi sampel penelitian. Untuk Provinsi Lampung Kota Bandar Lampung yang menjadi sampel penelitian, karena Bandar Lampung merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang mengantisipasi ketahanan kotanya dari berbagai dampak perubahan iklim melalui bidang pendidikan. Bahkan sampai diterbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 12 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Materi Pendidikan Ketahanan Perubahan Iklim pada SD dan SMP. Sekolah-sekolah ini dianggap sebagai salah satu formula ampuh kota ini untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim secara global. Selain itu ada juga pedoman untuk guru yang dibuat bekerjasama dengan Universitas Lampung dalam rangka pembelajaran ke murid-murid tersebut.

Kegiatan wawancara juga dilakukan guna mengetahui seberapa terpapar warga mengenai dampak perubahan iklim. Kegiatan ini dilakukan di dua wilayah sebagai sampling yaitu, Kecamatan Tanjung Karang Pusat dibawah koordinasi Puskesmas Simpur serta Tanjung Senang dibawah koordinasi Puskesmas Waykandis.