Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


WORKSHOP TRAINING OF TRAINER (TOT) SURVEI INDIKATOR KESEHATAN NASIONAL TAHUN 2016

Basuki Rachmat Kamis, 07 April 2016 - 10:32:12 WIB. | 1586

JAKARTA-pusat3.litbang.depkes.go.id. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) pada tanggal 14-20 Maret 2016 bertempat di Harris Hotel & Conventions Bekasi, telah melakukan kegiatan Workshop Training of Trainer (TOT) Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) tahun 2016.

 

Workshop Training of Trainer (TOT) Sirkesnas dilakukan untuk mencapai pemahaman yang sama antara Tim Teknis, Tim Manajemen Data Pusat, Penanggungjawab Teknis (PJT) Provinsi /Kabupaten/Kota dan Tim Manajemen Administrasi mengenai kuesioner, pedoman pengisian kuesioner, pemeriksaan dan pengukuran pada responden, pengorganisasian dilapangan, serta administrasi manajemen. Persamaan persepsi ini sangat penting dilakukan agar pada saat kegiatan Training Center (TC) dan pengumpulan data para pelaksana kegiatan memiliki kesamaan dalam penyampaian dan penerapan materi terkait kegiatan Sirkesnas. Sehingga persamaan persepsi ini dapat menjamin kualitas data hasil Sirkesnas tahun 2016.

 

Workshop dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Kesehatan, dr. Siswanto, MHP, DTM. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh peserta untuk betul-betul mempelajari pedoman-pedoman survei karena keberhasilan TOT sangat penting untuk menjaga validitas survei. Menurut Kepala Badan Litbangkes Sirkesnas merupakan riset evaluatif terhadap capaian program kesehatan yang telah dituangkan dalam Rencana Strategis dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Hasil Sirkesnas sangat penting untuk dijadikan umpan balik terhadap perbaikan menajemen pembangunan kesehatan nasional. Kedepan, Sirkesnas akan dilakukan setiap tahun dan diharapkan terbangun sistem yang kuat sehingga penelitian bisa didelegasikan ke daerah.

 

Workshop Training of Trainer (TOT) diikuti oleh 474 peserta yang terdiri dari 313 orang sebagai PJT Provinsi dan Kabupaten/Kota, sementara 161 orang lainnya adalah Tim Manajemen Koordinator Wilayah, Tim Teknis, Tim Manajemen Data, Tim Pakar, Tim Validasi dan Tim Manajemen Pusat.

 

Pelaksanaan kegiatan Workshop TOT diawali dengan pretest para PJT Provinsi dan Kabupaten/Kota. Pengantar tentang Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas), Pengantar cara perolehan sampel, besar sampel dan Populasi Sampel. Pembekalan materi terkait kuesioner Sirkesnas dengan mempelajari dan membahas pedoman Kuesioner. Pembekalan materi program entri data Sirkesnas yang di keluarkan oleh Manajemen Data Badan Litbangkes. Pembelajaran mengenai cara operasional dan pengukuran alat yang terkai kegiatan Sirkesnas.

 

Setelah pembekalan materi selesi dilakukan di kelas, para PJT Provinsi dan Kabupaten/Kota melakukan Ujicoba praktek pengumpulan data dilapangan yang berlokasi: 1).Lingkungan Masyarakat sekitar Hotel Haris dengan melakukan wawancara dan pengukuran dengan mengunakan alat; 2).Puskesmas terpilih, melakukan wawancara kepada kepala puskesmas atau petugas yang di tunjuk untk mewakili dengan mengunakan Instrumen kuesioner Puskesmas; 3).Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, melakukan wawancara kepada kepala Dinas Kesehatan atau pejabat yang di tunjuk untuk mewakili dengan mengunakan Instrumen kuesioner Puskesma.

 

Kuesioner hasil Ujicoba pengumpulan data yang telah ter isi, di periksa (Edit) oleh para PJT Provinsi dan Kabupaten/Kota. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh para PJT Provinsi dan Kabupaten/Kota kuesioner hasil ujicoba di lapangan di pergunakan sebagai bahan untuk latihan Entry data mengunakan program Manajemen Data.