Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Better Health


10 Hal Penting Agar Mudik Berjalan Lancar dan Aman

Basuki Rachmat Kamis, 23 Juni 2016 - 10:31:45 WIB. | 956

Bagi pemudik yang merencanakan mudik dengan kendaraan pribadi ada beberapa tips agar perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman:

 

1. Menghitung Perkiraan Anggaran Mudik

Menghitug besar biaya yang dibutuhkan untuk mudik, mulai dari biaya pemeliharaan kendaraan, biaya bahan bakar, biaya tol, biaya makan-minum-snack, oleh-oleh dan biaya untuk oprasional lainnya.

 

2. Mengecek Kondisi Kendaraan

Disarankan untuk melakukan service kendaraan, mengganti oli mesin, mengecek fungsi rem, mengecek sistem kelistrikan kendaraan, Kondisi Accu, kondisi ban (tekanan angin, ke ketebalan kembang ban), mengecek fungsi Busi, dan melakukan service AC.

 

3. Berkemas (Tas Khusus Pakaian dan Tas Khusus Obat-Obatan)

Persiapkan satu tas berisi pakaian seluruh keluarga tidak perlu banyak, tetapi di sesuaikan dengan kebutuhan selama di tempat tujuan. Membawa obat-obatan yang biasa digunakan angota keluarga seperti, minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, dan obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk). 

 

4. Persiapkan Alat Komunikasi

Pentingnya alat komunikasi sehingga perlu di siapkan satu tas khusus untuk memuat seperti Batray cadangan, Full charged power bank, chargerd HP dan chargerd mobil. Jika di ketahui kualitas sinyal di wilayah tujuan lemah, lebih baik menyiapakan sin card cadangan sebagai pengganti sementara selama berada di wilayah tersebut.

 

5.  Pemilihan Rute Efektif

Tentukan rute perjalanan dengan memanfaatkan fasilitas komunikasi seperti Radio, TV, MTMC Kepolisian, dan GPS.

 

6. Buat Rombongan Mudik

Mudik secara bersama-sama dengan teman kerja atau saudara dapat mengurangi terjadinya kasus riminal di jalan. Selain itu mudik secara bersama-sama dapat mempercepat waktu tempuh karna lebih banyak yang tau jalan.

 

7. Cari Informasi Penginapan, Rumah Makan, dan Pos Pelayanan Kesehatan

Bila pemudik harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, maka sebaiknya beristirahat lebih lama dan ia harus bermalam di sebuah penginapan. Ada baiknya jika pemudik telah menentukan lokasi di kota mana akan berhenti untuk beristirahat dan menginap. Pastikan juga Pemudik memiliki alamat pos pelayanan kesehatan dan rumah makan di sepanjang jalur perjalanan.

 

8. Persiapkan Bekal Makanan

Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk di konsumsi pada saat perjalanan. Pilih tempat makan yang bersih dan higienis. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asam ataupun pedas untuk mencegah terjadinya gangguan pencernaan selama perjalanan. Makan tepat waktu, jangan menunda waktu makan. Jangan makan terlalu berlebihan dalam sekali porsimakan. Minum air putih yang cukup selama perjalanan.

 

9. Bahan Bakar Kendaraan

Pastikan sebelum berangkat bahan bakar kendaraan anda di isi penuh jika memungkinkan terdapat bensin cadangan. Karna setiap SPBU di jalur mudik dipastikan penuh dan akan mengantri lama untuk mengisi bahan bakar.

 

10. Hindari kebiasaan Buruk agar terhindar dari Kecelakaan

      Beberapa kebiasaan buruk yang dapat menjadi penyebap kecelakaan:

  • Bermain hanpone, menerima dan menelepon ketika menyetir.
  • Mengendarai mobil dengan emosi, karna merasa tersinggung dengan sikap pengendara lain.
  • Memaksakan menyetir dalam kondisi ngantuk, lelah, sakit.
  • Tidak mematuhi rambu-rambu lalulitas.
  • Mengkonsumsi minuman keras saat menyetir.
  • Memaksakan mengunakan kendaraan yang sudah tidak layak jalan.
  • Memaksakan mengangkut muatan yang melebihi kapasitas kendaraan.

 

Selamat Mudik...Mudik dengan sehat dan selamat...