Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Better Health


Workshop penulisan artikel ilmiah Jurnal Kesehatan Reproduksi (Kespro) dapat mengembangkan teknik penulisan artikel ilmiah peneliti dan mahasiswa

Yunita Jumat, 03 Maret 2017 - 09:04:16 WIB. | 546

Acara workshop penulisan artikel Ilmiah Jurnal Kespro yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 Februari 2017 di Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat dihadiri oleh peserta yang datang dari berbagai institusi dan Perguruan Tinggi, di antaranya Dinas Kesehatan Cirebon, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Al-Insyirah Pekan Baru, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Jakarta, Universitas Kristen Atmajaya, serta peneliti Puslitbang Pusat Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan juga peneliti Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat.

 

Kegiatan workshop dimulai dengan acara pembukaan yang dilaksanakan oleh Kepala Subbagian Program dan Kerjasama, dan kemudian dilanjutkan dengan paparan tentang pengenalan Jurnal Kespro oleh dewan redaksi. Dalam paparan tersebut, disebutkan bahwa  jurnal Kespro terbit 3 kali dalam setahun, yaitu edisi April, Agustus dan Desember. Jurnal Kespro sudah terakreditasi oleh LIPI berdasarkan Keputusan Kepala LIPI Nomor 1391/E/2016 tanggal 2 November 2016 dengan Sertifikat Akreditasi Majalah Ilmiah LIPI Nomor 763/AU1/P2MI-LIPI/10/2016. Sesuai dengan peraturan Kepala LIPI No. 3 Tahun 2014 & Peraturan Ditjen DIKTI No. 1 tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Majalah Ilmiah Berkala-wajib OJS, Jurnal Kespro kini dapat diakses full-online sejak terbitan volume 7 No. 2 Agustus 2016. Jurnal Kespro dapat diunduh pada tautan http://ejournal.litbang.depkes.go.id/index.php/kespro/. Proses penerbitan jurnal secara elektronik (OJS), antara lain proses penerbitan, pengumuman permintaan naskah, pengiriman naskah dari penulis, review, pemberitahuan hasil review, pengiriman perbaikan naskah, pengeditan dan layout, pencetakan, dan distribusi. Keuntungan OJS adalah mendukung proses elektronik jurnal, kemudahan indeksasi dengan berbagai situs pengindeks semacam Directory of Open Acces Journal (DOAJ), CrossRef, PubMed, dukungan multiple journal, kemudahan implementasi Digital Object Identifier (DOI), memperluas diseminasi ilmiah dan kemudahan penghitungan tingkat sitasi sebuah jurnal. Selanjutnya dijelaskan mengenai peran penulis yaitu mengirimkan naskah sesuai gaya selingkung dan author guideline, menyertakan berkas kelengkapan (author statement form dan ethic & ethical clearance form), memantau proses melalui OJS, melakukan revisi atas permintaan dewan redaksi untuk kemudian dikirim kembali melalui OJS, melakukan revisi atas rekomendasi reviewer-track changes-kirim kembali melalui OJS, melakukan pemeriksaan hasil copy editing dan memberikan persetujuan/sanggahan-melakukan perbaikan-kirim kembali melalui OJS.

 

Kemudian adalah pembahasan dari beberapa narasumber dan  dilanjutkan dengan materi pengelolaan referensi dengan Mendeley oleh Anissa Rizkianti, SKM, MPH yakni antara lain membahas mengenai Mendeley sebagai software pengelola database jurnal ilmiah gratis yang membantu mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial akademik dengan saling berbagi kepustakaan secara online termasuk mencari kepustakaan terkini. Ada beberapa cara membuat Mendeley library yakni mencari referensi melalui situs Mendeley, menambahkan referensi secara manual, menggunakan one-click web importer.