Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Sistem jarlitbangkes dalam peningkatan pemanfaatan hasil penelitian antara satker pusat di Kementerian Kesehatan dengan dinas kesehatan serta balitbangda dari berbagai daerah di Indonesia

Yunita Selasa, 29 Agustus 2017 - 15:10:47 WIB. | 173

Kegiatan pertemuan jaringan penelitian pengembangan kesehatan yang berlangsung di Hotel Santika, Bogor, 24-26 Agustus 2017, di awali oleh penjelasan Kepala Pusat Humaniora dan Manajemen Kesehatan bahwa peserta yang diundang adalah 11 provinsi, dari Balitbang ada 6 provinsi dan yang sebagian lagi dari satker balitbangkes. Acara ini untuk menyempurnakan jarlitbangkes dengan dinas kesehatan provinsi serta mensosialisasikannya mengenai peran dan peluang dinas provinsi terkait hal ini.  

 

Kemudian paparan Badan Litbang Kesehatan yakni  Bapak Dr. Siswanto, MHP DTM, mengenai sistem jejaring litbangkes untuk meningkatkan pemanfaatan hasil penelitian, diantaranya mengenai bahwa fungsi-fungsi sistem penelitian kesehatan nasional yaitu fungsi pemanduan, pelaksanaan penelitian, pemanfaatan hasil penelitian serta penggerakan sumber daya. Penelitian tidak hanya dikerjakan oleh peneliti akan tetapi dapat dilakukan oleh perorangan yang berafiliasi dengan suatu lembaga.

 

Peran penelitian dan pengembangan di manajemen pembangunan kesehatan nasional adalah mengukur besaran masalah, mengidentifikasi  penyebab masalah, mengembangkan solusi, implementasi solusi dan mengevaluasinya.

Selanjutnya Ibu Irni Novitha membahas mengenai pelaksanaan jarlitbangkes di daerah yakni tentang Bidang Sosial dan Kependudukan Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan, yang dilaksanakan untuk jarlitbang yaitu di sektor pendidikan, kesehatan dan sosial.

Kemudian diskusi 3 kelompok dengan topik antara lain yaitu pertukaran informasi melalui web, kemitraan penelitian skala nasional,dan penguatan sumber daya manusia.