Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Ujian nasional sertifikasi pengadaan barang dan jasa untuk menambah kompetensi pegawai

Yunita Senin, 23 Oktober 2017 - 15:07:42 WIB. | 132

Kegiatan Pelatihan Ujian Sertifikasi Keahlian Barang/Jasa Pemerintah Tingkat Dasar di Hotel Losari Roxy, Jakarta pada tanggal 17-20 Oktober 2017, diikuti oleh Bapak  Dr. dr.  Felly Philipus Senewe, M.Kes, Bapak Grafiyan A, SE dan Ibu Ida Mufida, ST.

Acara diawali oleh penjelasan dari Moh. Lili dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Tim Kementerian Negara Umum RI/Widyaiswara Ahli PERPRES 70/2012 dari materi bimbingan teknis PERPRES NO. 54 Tahun 2010, yang antara lain mengenai kedudukan pengadaan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan yakni perencanaan (planning), pemrograman (programming), penganggaran, pengadaan (procurement); perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia (tender), pelaksanaan kontrak dan pembayaran (contract implementation and payment), penyerahan pekerjaan/barang (handover): serta pemanfaatan dan pemeliharaan (operation and maintenance). Unit layanan pengadaan (ULP) adalah unit organisasi K/L/D/I yang berfungsi melaksanakan pengadaan barang/jasa yang bersifat permanen, dapat berdiri sendiri atau melekat pada unit yang sudah ada dan pejabat pengadaan (PP)  yaitu personil yang ditunjuk untuk melaksanakan pengadaan langsung, penunjukkan langsung, dan E-purchasing.

 

Selanjutnya pernyataan dari Bapak Ishak Musa dari Tim Kementerian Negara Umum RI/Widyaiswara Ahli PERPRES 70/2012 yang menjelaskan dari Peraturan Presiden RI No. 54 Tahun 2010, Pasal 1 Bab I ketentuan umum, bagian pertama-pengertian dan istilahnya antara lain: pengadaan barang/jasa adalah kegiatan untuk memperoleh barang/jasa oleh Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi yang prosesnya dimulai dari perencanaan kebutuhan sampai diselesaikannya seluruh kegiatan untuk memperoleh barang/jasa.