Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Teknik infografis yang “eye cathing”

Yunita Kamis, 23 November 2017 - 11:54:31 WIB. | 71

Workshop penyusunan infografis berlangsung di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, pada tanggal 15-16 November yang dihadiri olehpejabat struktural, peneliti, staf  sub bagian Program dan Kerjasama dan staf sub bagian  Kepegawaian Keuangan dan Umum Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat.

 

Bapak Yosep Suprayogi selaku Redaktur Pelaksana PT Tempo Inti Media  menyatakan bahwa infografis ini dapat membantu untuk menyederhanakan atau memunculkan beberapa hal sekaligus dan itu yang akan dipelajari saat ini. Infografis dapat digunakan sebagai apa saja karena bahwa dalam berkomunikasi yang digunakan hanya “5W”. Efek dari presentasi harus bisa mempengaruhi atau bisa dipakai dari bagian kebijakan. Platform yang digunakan pada presentasi sangat beragam, jika sesama peneliti baik pembicara maupun audiens maka tabel dengan angka yang rumit dapat digunakan namun jika kepada khalayak tabel dapat memusingkan.

 

Sehingga bagaimana cara presentasi harus disesuaikan dengan audiensnya. Ada software yang sering saya gunakan untuk membuat presentasi yaitu “Prezi” dan ini saya gunakan untuk presentasi kepada anak-anak jaman sekarang namun saya rasa bisa juga untuk orang dewasa namun dengan konten yang berbeda tentunya.

 

Infografis terdiri dari 2 kata yaitu info atau artinya informasi dan grafis jadi grafis yang bermakna atau grafis yang mengandung informasi. Bisa dalam bentuk gambar atau yang lainnya namun mengandung makna dan informasi maka harus pandai memilih grafis yang sesuai dengan informasi yang disampaikan.

 

Komunikasi ada 2 visual dan verbal. Komunikasi verbal berbasis teks, tabel adalah contoh verbal namun bisa diubah menjadi visual misalnya dengan membuat diagram pie lalu diberi hiasan misalnya diletakkan di dalam gambar gelas kopi.