Style Switcher
Theme Skins

Layout Styles
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT

Mengawal Upaya Kesehatan Masyarakat Berbasis Bukti


Teknik menulis artikel ilmiah populer

Yunita Kamis, 23 November 2017 - 14:31:55 WIB. | 83

Acara workshop penulisan artikel ilmiah populer yang diselenggarakan di Hotel Acacia, Jakarta pada tanggal 20-21 November 2017, yang dihadiri oleh pejabat struktural, peneliti puslitbang ukesmas, peneliti puslitbang humaniora dan manajemen kesehatan, staf subbagian program dan kerjasama, dan staf subbagian kepegawaian keuangan dan umum.

Pak Anwari Natari,, SS selaku Dosen Sekolah Tinggi Hukum Jentera, Jakarta, menjelaskan bahwa utamanya menulis informasi membuat pembaca bisa mengambil keputusan dari tulisan itu dengan baik. Bahkan kadang-kadang wartawan sekalipun tidak menyadari bahwa tulisan tersebut bisa menjadi keputusan yang salah untuk pembaca.

 

Tulisan ilmiah popular umumnya bertujuan memunculkan empati pembaca. Jika penulisan ilmiah cenderung dengan validitas dan fakta jadi hasilnya itu terpaku pada hasil data saja. Sedangkan pada tulisan popular mereka memikirkan “apakah pembaca mengerti atau tidak”. Penulisan ilmiah popular tujuannya adalah membuat pembaca awam memahami isi tulisan denga mudah dan cepat. Tidak cukup hanya membuat pembaca mudah menangkap, melainkan juga cepat menangkap.

 

Apabila isi tulisan berupa data angka-angka, memaknai angka-angka juga harus ada komperasinya supaya maknanya terlihat.  Memaknai angka harus yang bisa menimbulkan efek. Kemudian pemilihan kata dipikirkan untuk melayani pembaca. Posisikan pembaca sebagai orang yang sangat sibuk jadi pilihlah kata yang tidak menimbulkan pertanyaan. 

 

Buatlah data yang disajikan membangun informasi, sehingga informasi tersebut dapat membangun keputusan. Kaitkan artikel dengan hal yang sekarang terjadi bisa menjadi salah satu cara.